Jenis Backlink: Yang Baik, Yang Buruk, dan Yang Terbaik

type-Backlink
Jenis Backlink: Yang Baik, Yang Buruk, dan Yang Terbaik. Mendapatkan backlink adalah bagian penting dari rencana SEO yang efektif. Tautan memberi tahu mesin telusur bahwa suatu situs dikenali, dipercaya, dan oleh karena itu, layak mendapat tempat teratas di halaman hasil mesin telusur (SERPs). Tapi bukan hanya jumlah backlink yang menarik bagi mesin pencari; itu juga jenis backlink.

Bergantung pada jenis tautan backlink, tautan balik memiliki berbagai tingkat pengaruh pada peringkat mesin telusur dan pada hasil yang dapat Anda lihat dari memperolehnya. Artikel ini akan melihat berbagai jenis backlink, menjelaskan nilainya, dan menawarkan tips bagaimana Anda dapat memperoleh backlink yang paling berharga dan efektif.


3 Faktor Nilai Tautan Backlink dan Dampaknya

Sebelum meninjau daftar lengkap jenis backlink, penting untuk memahami apa yang membuat tautan berharga. Seperti yang disebutkan di atas, tautan balik tidak semuanya dibuat sama. Ada berbagai faktor yang dapat membuat backlink lebih berharga daripada yang lain, dan ada juga beberapa yang membuat tautan sangat buruk bagi SEO.

3 faktor utama yang mempengaruhi nilai tautan atau backlink mencakup hal-hal berikut:

1. Otoritas Situs Web yang terhubungkan

Jenis backlink yang paling berharga berasal dari situs web berkualitas. Tautan dari situs yang diakui sebagai sumber daya otoritatif teratas akan mengirimkan lebih banyak sinyal positif ke mesin telusur daripada tautan dari situs berkualitas rendah yang kurang dikenal.

Jenis backlink yang paling berharga berasal dari situs web berkualitas.

2. Lakukan Follow vs No Follow Status

Ketika penerbit menambahkan tautan atau backlink ke situs web Anda, Anda dapat menggunakan kode HTML untuk menetapkan tautan sebagai "lakukan ikuti" atau "tidak mengikuti" (Follow vs No Follow)

  • Apakah tautan follow memberi tahu mesin pencari untuk memperhatikan dan memberi nilai SEO pada tautan.
  • Tidak ada tautan follow yang memberi tahu mesin pencari untuk mengabaikan tautan dan memberi mereka nilai SEO yang lebih sedikit.

Karena apakah tautan berikut mengirim sinyal yang lebih baik ke mesin telusur, tautan tersebut lebih berharga daripada tidak mengikuti tautan. Anda ingin tautan ke situs Anda dikodekan seperti yang dilakukan. Namun, tautan balik tidak mengikuti masih dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Karena apakah tautan berikut mengirim sinyal yang lebih baik ke mesin telusur, tautan tersebut lebih berharga daripada tidak mengikuti tautan.

3. Lokasi Tautan Di Situs Web

Situs web disiapkan dalam beberapa bagian, dan betapa berharganya sebuah tautan dapat dipengaruhi oleh bagian di mana ia muncul.

Tautan yang paling berharga ditempatkan di dalam konten badan utama situs. Tautan mungkin tidak menerima nilai yang sama dari mesin telusur ketika muncul di header, footer, atau sidebar laman. Ini merupakan faktor penting untuk diingat ketika Anda mencari untuk membangun backlink berkualitas tinggi. Lihat untuk membuat tautan yang akan dimasukkan dalam konten badan utama situs.


Jenis Backlink atau Tautan Balik Terbaik

Sekarang Anda tahu apa yang membuat tautan balik berharga, mari kita lihat daftar backlink terbaik untuk SEO. Ketika Anda belajar cara membuat backlink, ini adalah strategi yang akan memberikan hasil SEO jangka panjang terbaik.


Backlink Editorial

Jenis tautan terbaik di SEO berasal dari penyebutan editorial. Penyebutan editorial adalah saat situs web lain merujuk dan menautkan ke situs web Anda dalam sebuah konten berkualitas. Backlink editorial dapat dimasukkan sebagai:

  • Mengutip seseorang dari perusahaan Anda atau sesuatu dari konten Anda sebagai sumber informasi
  • Merujuk ke situs web Anda sebagai sumber daya untuk informasi tambahan.
  • Mengutip situs web Anda sebagai pembuat infografis
  • Termasuk situs web atau konten Anda dalam penggabungan tautan
  • Wawancara seseorang yang terkait dengan situs web Anda
Jenis Backlink atau tautan terbaik di SEO berasal dari penyebutan editorial.

Bagaimana Mendapatkan Backlink Editorial:

  • Kembangkan pemasaran konten yang kuat
  • Buat konten berkualitas tinggi dan segar yang berfungsi sebagai sumber daya masuk.
  • Buat konten yang dapat dibagikan yang ingin dibicarakan situs lain.
  • Publikasikan konten yang menunjukkan situs web dan merek Anda sebagai pemimpin pemikiran dalam industri Anda sehingga situs lain akan ingin mengutip, memberi sumber, dan mewawancarai Anda.

Pertimbangkan popularitas kata kunci untuk menemukan topik yang sedang tren yang dapat Anda tulis di situs web Anda.


BackLink Blogging Tamu

Blogging tamu adalah cara lain untuk memperoleh tautan balik yang berharga. Ketika Anda mengirimkan posting tamu ke situs web, Anda sering diizinkan untuk menyertakan backlink editorial dalam konten Anda. Jenis-jenis backlink ini adalah cara yang dapat diandalkan untuk membangun kepercayaan dan otoritas melalui publikasi yang berpengaruh lainnya.

Cara Mendapatkan BackLink Blogging Tamu: Buat daftar situs blogging tamu yang berharga dan jadikan tamu blogging master outreach.


BackLink Profil Bisnis

Dalam banyak kasus, ketika Anda membuat profil online untuk bisnis, Anda dapat menyertakan tautan kembali ke situs web Anda. Tautan ini pada cantuman bisnis, jaringan media sosial, dan direktori khusus industri menunjukkan mesin telusur bahwa situs web didirikan dan berkualitas tinggi.

Cara Mendapatkan Tautan Balik Profil Bisnis: Buat profil di direktori terkenal atau situs ulasan (seperti Yellow Pages, Yelp, Foursquare, Capterra, dll.) Di industri Anda. Atau pertimbangkan untuk menggunakan layanan seperti Synup atau Yext yang membuat dan mengelola profil untuk Anda.


Tautan Webinar

Membuat sumber daya berharga di situs Web Anda sering mendorong situs lain untuk menautkannya kembali. Konten bernilai tinggi yang sering mengarah ke tautan adalah rekaman webinar. Situs lain sering menautkan atau bahkan menyematkan webinar merek lain di situs mereka, yang mengarah ke tautan dan sebutan merek.

Cara Mendapatkan Tautan Balik Webinar: Ubah kembali webinar Anda dengan mempostingnya sebagai rekaman di situs web Anda sehingga orang dapat mengunjungi dan menautkannya. Gunakan promosi blog untuk menarik perhatian pada perekaman webinar, dan temukan situs blog tamu yang mungkin tertarik menggunakan webinar sebagai sumber daya di situs mereka.


Tautan Alat Gratis

Cara lain untuk membuat situs menghubungkan kembali ke sesuatu yang berharga di situs Web Anda adalah dengan menawarkan alat gratis. Alat gratis dapat menjadi alat dasar (seperti kalkulator pinjaman otomatis) atau versi alat pembayaran yang diperkecil (seperti Ikhtisar Situs Web dan alat Tumpang Tindih Audiens ). Jika alat tersebut cukup berharga, yang lain akan menautkan ke mereka dalam konten mereka. Selain itu, pada versi gratis alat berbayar, Anda dapat menambahkan ajakan bertindak untuk mendaftar untuk produk / layanan lengkap yang mendorong akuisisi selain kesadaran.

Cara Mendapatkan Backlink Alat Gratis: Buat alat sederhana atau versi gratis dari alat berbayar Anda. Gunakan alat Tumpang Tindih Pemirsa untuk menemukan situs yang memiliki pemirsa serupa yang tertarik menggunakan alat Anda, dan gunakan penjangkauan blog tamu untuk terhubung dengan situs dan lihat apakah mereka ingin menampilkan alat gratis Anda.


Jenis Backlink atau Tautan Balik yang Baik

Ada jenis backlink atau tautan balik lain yang tidak memberikan banyak nilai seperti yang tercantum di atas, tetapi masih dapat mendukung keseluruhan profil tautan Anda dan membantu meningkatkan SEO Anda.


Tautan Balik Pengakuan

Backlink pengakuan adalah saat situs web menyebutkan dan menautkan ke situs web yang merujuk pada hubungan atau sponsor. Tautan ini biasanya tidak memiliki banyak konten yang terkait dengan merek atau apa yang mereka lakukan, dan sebaliknya, adalah sebutan sederhana bahwa:

  • Tunjukkan bahwa merek tersebut memberikan donasi
  • Tunjukkan bahwa seseorang dari merek sedang berbicara di atau mensponsori acara
  • Sertakan testimonial untuk merek situs web yang terhubung

Backlinks Post Postingan Tamu

Dalam beberapa kasus, situs blog tamu tidak mengizinkan atau tidak akan menyertakan tautan kembali ke situs penulis dalam isi utama konten. Sebaliknya, mereka mengizinkan penulis untuk memasukkan tautan dalam biografi penulis. Meskipun tidak sepenting tautan di badan pos, tautan balik bio tetap dapat menambahkan nilai ke portofolio tautan situs web.


Lencana Tautan Balik

Cara membangun backlink dengan memberikan nilai ke situs lain adalah melalui lencana bermerek. Lencana bermerek adalah penghargaan yang dibuat merek dan diberikan ke situs lain sebagai simbol status. Misalnya, Anda dapat membuat daftar situs teratas atau merek terbaik yang dipublikasikan di situs Anda, dan kemudian memberikan lencana ke setiap merek di daftar sehingga mereka dapat menampilkan status di situs mereka. Anda menyertakan tautan kembali ke artikel di lencana untuk membuat tautan.


Backlink Siaran Pers yang Layak

Siaran pers dapat melayani tugas ganda untuk upaya pemasaran. Ini dapat mengingatkan outlet media tentang berita Anda dan juga membantu situs web Anda mendapatkan backlink. Tetapi hanya dapat membangun tautan secara efektif jika dijalankan dengan benar. Hanya tulis dan distribusikan siaran pers saat merek memiliki sesuatu yang layak diberitakan atau menarik untuk dibagikan . Strategi ini dapat memperoleh tautan pada pos siaran pers yang sebenarnya serta pada kisah-kisah yang diberitakan oleh media.


Komentar Tautan balik

Saat Anda mengomentari pos blog, Anda biasanya diizinkan untuk menyertakan tautan kembali ke situs web Anda. Ini sering disalahgunakan oleh spammer dan bisa menjadi alat membangun tautan negatif. Tetapi jika Anda memposting komentar asli pada posting blog berkualitas tinggi, ada beberapa nilai dalam tautan berbagi, karena dapat mengarahkan lalu lintas ke situs Anda dan meningkatkan visibilitas merek Anda.


Jenis BackLink Buruk

Karena backlink berkualitas tinggi adalah bagian penting dari SEO, mudah untuk percaya bahwa setiap tautan, betapa pun berharganya, bermanfaat. Tetapi tidak semua tautan berharga. Beberapa tautan tidak memiliki nilai, sementara yang lain benar-benar dapat berdampak negatif terhadap SEO . Saat Anda terlibat dalam membangun tautan, hindari membuat jenis tautan balik ini.


Backlink atau Tautan Berbayar

Meskipun sepertinya cara mudah untuk mendapatkan tautan, Anda tidak perlu membayar penerbit dan situs web lain untuk menautkan ke situs Anda. Google secara eksplisit mengatakan bahwa membeli atau menjual tautan "dapat berdampak negatif terhadap peringkat situs dalam hasil pencarian."


Siaran Pers Tidak Beredar

Seperti disebutkan di atas, siaran pers yang menarik dan layak diberitakan dapat membantu merek mendapatkan perhatian dan tautan. Tetapi itu juga dapat muncul sebagai spam jika sebuah merek berulang kali menyebarkan siaran pers yang tidak layak diberitakan dan dibuat hanya untuk tujuan memperoleh tautan.


Tautan Direktori Bisnis Umum dan Artikel

Sama seperti Anda tidak ingin berlebihan dengan siaran pers, Anda juga tidak ingin melampaui batas dengan daftar direktori. Tetaplah pada direktori yang paling tepercaya, otoritatif, dan relevan dengan industri dan jangan membuat profil di direktori yang berisi spam hanya untuk tujuan menghasilkan tautan.


Tautan Forum

Bergabung dengan puluhan forum untuk memposting tautan kembali ke situs Anda juga buruk. Hanya bergabung dengan forum berkualitas tinggi di mana diskusi otentik adalah tujuan utamanya, bukan mengirimi spam dengan posting tentang konten dan merek Anda.


Bangun Strategi Backlink Lebih Baik

Backlink atau Tautan adalah bagian penting dari strategi SEO yang bagus. Tetapi ingat, ini bukan hanya tentang jumlah tautan; ini juga tentang kualitas tautan.

Ada berbagai jenis backlink atau tautan balik yang datang dengan berbagai tingkat nilai dan kepentingan. Buat rencana membangun tautan Anda di sekitar memperoleh tautan tingkat atas yang akan paling bermanfaat bagi SEO Anda.