Internal Link untuk SEO

internal-linking-strategy.jpg

Tautan Internal adalah hyperlink yang mengarah pada (target) domain yang sama dengan domain tempat tautan berada di (sumber). Dalam istilah awam, tautan internal adalah salah satu yang menunjuk ke laman lain di situs web yang sama.

Contoh Kode

<a href="https://www.vhost.web.id/" title="Keyword Text"> Teks Kata Kunci </a>

Format Optimal

Gunakan kata kunci deskriptif dalam jangkar teks yang memberikan rasa topik atau kata kunci halaman sumber sedang mencoba untuk menargetkan.

Apa itu Tautan Internal?

Tautan internal adalah tautan yang beralih dari satu laman ke domain ke laman berbeda di domain yang sama. Mereka biasanya digunakan dalam navigasi utama.

Jenis tautan ini bermanfaat karena tiga alasan:

  • Mereka memungkinkan pengguna untuk menavigasi situs web.
  • Mereka membantu membangun hirarki informasi untuk situs web yang diberikan.
  • Mereka membantu menyebarkan tautan ekuitas (kekuatan peringkat) di sekitar situs web.

  • Praktik Terbaik SEO

    Tautan internal paling berguna untuk membangun arsitektur situs dan menyebarkan ekuitas tautan ( URL juga penting). Untuk alasan ini, bagian ini adalah tentang membangun arsitektur situs yang ramah-SEO dengan tautan internal.

    Pada halaman individu, mesin pencari harus melihat konten untuk daftar halaman dalam indeks berbasis kata kunci besar mereka. Mereka juga perlu memiliki akses ke struktur tautan yang dapat dirayapi — struktur yang memungkinkan spider menelusuri jalur situs web — untuk menemukan semua laman di situs web. (Untuk mengintip bagaimana struktur tautan situs Anda terlihat, coba jalankan situs Anda melalui Open Site Explorer .) Ratusan ribu situs melakukan kesalahan kritis karena menyembunyikan atau mengubur navigasi tautan utama mereka dengan cara yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari. Ini menghalangi kemampuan mereka untuk mendapatkan halaman yang terdaftar di indeks search engine.

    Di bawah ini adalah ilustrasi bagaimana masalah ini dapat terjadi:

    link-spider-SEO

    Dalam contoh di atas, laba-laba berwarna-warni Google telah mencapai halaman "A" dan melihat tautan internal ke halaman "B" dan "E." Namun, halaman penting C dan D mungkin ada di situs, laba-laba tidak memiliki cara untuk menjangkau mereka — atau bahkan mengetahui keberadaannya — karena tidak ada tautan langsung yang dapat dirayapi menunjuk ke halaman tersebut. Sejauh menyangkut Google, pada dasarnya halaman-halaman ini tidak ada — konten hebat, penargetan kata kunci yang bagus, dan pemasaran cerdas tidak ada bedanya sama sekali jika labah-labah itu tidak dapat menjangkau halaman-halaman itu di tempat pertama.

    Struktur optimal untuk situs web akan terlihat mirip dengan piramida (di mana titik besar di bagian atas adalah beranda):

    link-pyramid-SEO

    Struktur ini memiliki jumlah tautan minimum yang mungkin antara beranda dan laman apa pun yang diberikan. Ini sangat membantu karena memungkinkan tautan ekuitas (kekuatan peringkat) mengalir ke seluruh situs, sehingga meningkatkan potensi peringkat untuk setiap halaman. Struktur ini umum di banyak situs web berkinerja tinggi (seperti Amazon.com) dalam bentuk kategori dan sistem subkategori.

    Tapi bagaimana ini bisa tercapai? Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan tautan internal dan struktur URL tambahan . Misalnya, mereka secara internal menautkan ke laman yang terletak di https://www.webmedia.asia/services/jasa-web-desain ... dengan teks "kucing" jangkar.

    Di bawah ini adalah format untuk tautan internal yang diformat dengan benar. Bayangkan tautan ini ada di domain jonwye.com.

    link-anatomy-SEO

    Dalam ilustrasi di atas, tag "a" menunjukkan awal tautan. Tag tautan dapat berisi gambar, teks, atau objek lain, yang semuanya memberikan area "dapat diklik" pada halaman yang dapat dipindahkan pengguna ke halaman lain. Ini adalah konsep asli Internet: "hyperlink." Lokasi rujukan tautan memberi tahu browser — dan mesin telusur — tempat tautan itu menunjuk. Dalam contoh ini, URL http://www.jonwye.com dirujuk. Selanjutnya, bagian yang terlihat dari tautan untuk pengunjung, yang disebut " jangkar teks " di dunia SEO, menggambarkan halaman yang dituju tautan.

    Dalam contoh ini, halaman yang dimaksud adalah tentang sabuk khusus yang dibuat oleh seorang pria bernama Jon Wye, jadi tautannya menggunakan teks tautan "Sabuk Khusus Dirancang Jon Wye." Itu</a> tag menutup tautan, sehingga elemen nanti di halaman tidak akan memiliki atribut tautan yang diterapkan ke mereka.

    Ini adalah format tautan paling dasar — ​​dan itu sangat dimengerti oleh mesin telusur. Laba-laba mesin pencari tahu bahwa mereka harus menambahkan tautan ini ke grafik tautan mesin web, menggunakannya untuk menghitung variabel kueri-independen (seperti MozRank ), dan mengikutinya untuk mengindeks isi halaman yang direferensikan.


    Di bawah ini adalah beberapa alasan umum mengapa halaman mungkin tidak dapat dijangkau, dan dengan demikian, mungkin tidak diindeks.

    Tautan dalam Formulir yang Diwajibkan Submission

    Formulir dapat menyertakan elemen dasar seperti menu tarik-turun atau elemen serumit survei lengkap. Dalam kedua kasus, pencarian laba-laba tidak akan mencoba untuk "menyerahkan" formulir dan dengan demikian, konten atau tautan apa pun yang dapat diakses melalui formulir tidak terlihat oleh mesin.

    Tautan Hanya Dapat Diakses Melalui Kotak Pencarian Internal

    Spider tidak akan mencoba melakukan pencarian untuk menemukan konten, dan karenanya, diperkirakan jutaan halaman tersembunyi di balik dinding kotak pencarian internal yang sepenuhnya tidak dapat diakses.

    Tautan dalam Javascript yang Tidak Dapat Dikurangkan

    Tautan yang dibuat menggunakan Javascript mungkin tidak dapat digambar atau didevaluasi dalam berat tergantung penerapannya. Untuk alasan ini, disarankan agar tautan HTML standar harus digunakan daripada tautan berbasis Javascript di laman mana lalu lintas rujukan oleh mesin telusur adalah penting.

    Tautan di Flash, Java, atau Plug-In Lainnya

    Semua tautan yang tertanam di dalam Flash, applet Java, dan plug-in lainnya biasanya tidak dapat diakses oleh mesin pencari.

    Tautan yang Menunjuk ke Halaman yang Diblokir oleh Meta Robots Tag atau Robots.txt

    The Meta Robots tag dan robots.txt file yang kedua memungkinkan pemilik situs untuk membatasi akses laba-laba ke halaman.

    Tautan di laman dengan Ratusan atau Ribuan Tautan

    Mesin pencari semua memiliki batas merangkak kasar 150 link per halaman sebelum mereka berhenti spidering halaman tambahan terkait dari halaman asli. Batas ini agak fleksibel, dan halaman yang sangat penting mungkin memiliki lebih dari 200 atau bahkan 250 tautan diikuti, tetapi dalam praktik umum, adalah bijaksana untuk membatasi jumlah tautan pada laman tertentu hingga 150 atau berisiko kehilangan kemampuan untuk memiliki laman tambahan yang dirayapi .

    Tautan dalam frame atau I-frame

    Secara teknis, tautan di kedua frame dan I-Frames dapat dirayapi, tetapi keduanya menghadirkan masalah struktural untuk mesin dalam hal organisasi dan mengikuti. Hanya pengguna mahir dengan pemahaman teknis yang baik tentang bagaimana indeks mesin telusur dan mengikuti tautan dalam bingkai harus menggunakan elemen ini dalam kombinasi dengan tautan internal.

    Dengan menghindari jebakan ini, webmaster dapat memiliki tautan HTML yang bersih dan spiderable yang akan memungkinkan akses mudah ke laman konten spider. Tautan dapat memiliki atribut tambahan yang diterapkan pada mereka, tetapi mesin mengabaikan hampir semua ini, dengan pengecualian penting pada rel="nofollow" tag.

    Ingin mendapatkan sekilas cepat ke indeksasi situs Anda? Gunakan alat seperti Moz Pro , Open Site Explorer , atau Screaming Frog untuk menjalankan perayapan situs. Kemudian, bandingkan jumlah halaman yang di-crawl sampai ke jumlah halaman yang terdaftar saat Anda menjalankan situs: cari di Google.

    Rel = "nofollow" dapat digunakan dengan sintaks berikut:

    <a href="/" rel="nofollow"> nofollow tautan ini </a>

    Dalam contoh ini, dengan menambahkan rel="nofollow"atribut ke tag tautan, webmaster memberi tahu mesin telusur bahwa mereka tidak ingin tautan ini ditafsirkan sebagai normal, jus yang lewat, "pilihan editorial". Nofollow muncul sebagai metode untuk membantu menghentikan komentar blog otomatis, buku tamu, dan injeksi spam tautan, tetapi telah berubah dari waktu ke waktu menjadi cara memberitahu mesin untuk mengurangi nilai tautan apa pun yang biasanya akan diteruskan. Tautan yang ditandai dengan nofollow ditafsirkan sedikit berbeda oleh masing-masing mesin.

    Tags: