Apa itu Link Juice?

Link Juice

Link Juice

Jus tautan adalah istilah sehari-hari di dunia SEO yang mengacu pada kekuatan atau ekuitas yang dikirimkan ke situs web melalui tautan dari sumber eksternal atau internal. Kekuatan ini ditafsirkan sebagai suara rekomendasi terhadap situs web Anda dan merupakan salah satu faktor terpenting dalam menentukan peringkat pencarian situs web Anda.

Ada banyak cara untuk mendapatkan link dari web melalui usaha langsung dan tidak langsung. Upaya langsung mengacu pada strategi membangun link, seperti bookmark sosial, komentar blog, posting tamu, pemasaran media sosial, penerbitan press release, komentar forum, sharing dokumen dan sebagainya. Upaya tidak langsung diperoleh dari menyajikan konten yang sangat baik di situs web Anda yang menyebabkan pembaca membaginya di web, menghubungkan halaman secara alami. Ekuitas tautan yang lolos dari situs ini ke situs Anda adalah jus tautan, dan jus tautan ini berbeda dalam kewenangannya bergantung pada situs web yang tertaut ke Anda.

Bagaimana Aliran Link Juice bekerja?

Misalkan Anda memiliki situs A dan B. Jika semua faktor peringkat lainnya konstan dan situs A memiliki satu tautan sementara situs B tidak memiliki tautan, situs A akan berperingkat lebih tinggi di hasil penelusuran karena jus tautan yang diterimanya dari situs eksternal yang menautkannya. Apa yang terjadi jika situs B juga mendapatkan satu link? Hal ini tergantung pada jumlah jus setiap link yang lewat. Lihatlah diagram di bawah ini. Situs A menerima tautan dari empat situs sementara B menerima tautan dari dua situs. Semua situs yang menghubungkan juga menerima link juice dari situs lain. Karena A menerima tautan dari lebih banyak situs, ada lebih banyak jus tautan yang ditransfer ke A dan akibatnya A cenderung berperingkat lebih tinggi dari B di hasil penelusuran. Catatan: Hasil ini mengasumsikan bahwa situs yang terhubung dengan A dan B memiliki otoritas serupa.


link-juice-1


Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa lewatnya jus link terjadi di kedua arah. Jadi, sekarang mari kita katakan bahwa situs yang terhubung ke situs A juga terhubung ke situs lain (ditunjukkan oleh panah abu-abu pada diagram di bawah ini), sedangkan situs yang terhubung ke situs B secara eksklusif terhubung ke B. Dalam hal ini, persentase jus link yang diterima B lebih tinggi dari persentase situs jus link yang diterima. Hal ini meningkatkan kemungkinan B di peringkat lebih tinggi dari pada situs A.

Dulu, atribut nofollow bisa digunakan untuk melestarikan hilangnya jus link. Proses ini dikenal dengan nama PageRank sculpting. Hal ini dilakukan untuk memanipulasi jus link sehingga berkonsentrasi ke halaman tertentu dari sebuah situs daripada menyebar secara merata di semua halaman. Lihat diagram di bawah ini untuk representasi konsep ini.


link-juice-2


Pada diagram pertama, Anda akan melihat bahwa dengan tautan dofollow (tautan yang tidak dilepas), transfer jus tautan didistribusikan ke semua tautan keluar dari situs web. PageRank sculpting dimungkinkan saat seorang webmaster menambahkan atribut nofollow ke salah satu tautan keluar, yang berarti bahwa jus tautan tidak akan ditransfer ke halaman yang tidak diikuti tapi akan didistribusikan ke tautan lainnya. Hal ini ditunjukkan pada diagram kedua. Ini tidak lagi benar. Sekarang jus link dilewatkan dengan cara normal tidak peduli apakah Anda menggunakan nofollow atau tidak. Anda dapat melihat gambar diagram ketiga dibawah bahwa situs tersebut mendistribusikan jus tautan ke ketiga situs tersebut secara setara, bedanya adalah tautan nofollowed tidak menerimanya.


link-juice-3


Karena ini masalahnya, Anda mungkin khawatir tentang pengenceran atau kebocoran jus tautan dari beranda Anda ke tautan nofollow di footer atau bilah sisi Anda. Jika link tidak diperlukan disarankan untuk menghapusnya daripada tidak mengikutinya. Contoh tautan seperti itu adalah plugin umpan Twitter yang berisi banyak tautan keluar. Di sisi lain, jika tautan ini berisi informasi pengguna penting, lebih baik menyimpan tautan dan dofollow, meskipun Anda tidak ingin mendapatkan halaman tertaut yang ditampilkan di SERPs. Contoh halaman tersebut adalah kebijakan privasi, atau syarat dan ketentuan.

Praktik yang bagus dan umum digunakan adalah menghentikan aliran jus tautan ke komentar spam dan tautan yang dipasang di blog dengan atribut nofollow. Sebaliknya, ketika sampai pada tautan internal di sebuah situs, adalah praktik yang baik untuk memungkinkan aliran alami jus tautan daripada mengendalikannya dengan atribut nofollow. Jus tautan yang diperoleh dan didistribusikan di dalam situs Anda membuat halaman internal Anda populer di web dan juga beranda Anda. Ini secara kolektif meningkatkan PageRank beranda Anda.

Jus tautan yang masuk ke situs Anda efektif bila berasal dari:

  • Halaman yang memiliki konten yang relevan dengan situs Anda.
  • Halaman yang memiliki PageRank tinggi.
  • Laman yang memiliki tautan keluar relatif sedikit.
  • Halaman yang berisi konten berkualitas.
  • Halaman yang tampil tinggi di SERPs.
  • Halaman yang memiliki konten buatan pengguna
  • Halaman yang populer dengan khalayak media sosial, yaitu sering disebut di media sosial.
  • Halaman yang memiliki teks jangkar yang dioptimalkan kata kunci yang sesuai dengan kata kunci target Anda.

Jus tautan yang dikirim ke situs Anda tidak efektif bila berasal dari:

  • Halaman yang tidak memiliki link ke situs Anda.
  • Halaman dengan konten yang tidak relevan
  • Halaman yang memiliki banyak link; misalnya, tautan iklan atau tautan seluruh situs.
  • Halaman yang tidak terindeks dalam pencarian
  • Link berbayar.
  • Link yang diperoleh dalam skema pertukaran link. Di sinilah Anda menautkan ke situs seseorang sebagai imbalan tautan ke situs Anda, yang pada dasarnya membatalkan dampaknya.
  • Tautan dari situs yang tidak diposisikan tanpa konten.
Tags: